Sunday, December 27, 2009

Isprinol

ISPRINOL®

KOMPOSISI
ISPRINOL TABLET
Setiap tablet mengandung
Methisoprinol 500 mg

ISPRINOL SIRUP
Setiap 5 mL mengandung :
Methisoprinol 250 mg.

CARA KERJA OBAT
Methisoprinol adalah suatu kompleks senyawa kimia yang terbentuk dari Inosin dan suatu aminoalkohol, dimetilamino-isopropanol, dengan rasio 1 : 3. Methisoprinol meningkatkan sintesa protein dan nucleoprotein; melindungi struktur dan fungsi poliribosom; mendiami ribonuklease; menguatkan fungsi poliribosom; menghalangi pemindahan genetika virus ke poliribosom sel tubuh dan dengan cara ini menghentikan multiplikasi virus. Dari studi klinis yang dilakukan oleh para peneliti Argentina, didapatkan aktivitas anti virus non-spesifik dan berspektrum luas.

INDIKASI
Penyakit yang disebabkan oleh virus pada saluran napas, penyakit-penyakit eksantem, penyakit hati dan beberapa penyakit sistem saraf. Flu pada anak dan orang dewasa, bronchiolitis/ rhinopharyngitis, varicella, campak, herpes simplex dan zoster, parotitis.

DOSIS DAN CARA PEMBER1AN
Usia di bawah lima tahun rata-rata 50 mg/Kg berat badan per hari. Dosis ini dapat ditingkatkan sampai dengan 100 mg/Kg berat badan per hari, tergantung pada tingkat keparahan penyakit.
Usia lima tahun ke atas dan dewasa : rata-rata 50 mg/Kg berat badan per hari, dan dapat ditingkatkan sampai dengan 60 mg/Kg berat badan perhari. Dosis ini diberikan dalam 4-6 dosis terbagi. Jika diperlukan, bila ada komplikasi mikroba, tidak ada kontraindikasi untuk pemakaian bersama antibiotika atau kemoterapi dan ini tergantung pada anjuran dokter. Lama pengobatan sebagai berikut :
  1. Infeksi virus akut singkat : pengobatan harus dilanjutkan satu sampai dua hari setelah
    gejala-gejala mereda, sesuai dengan anjuran dokter. Dengan cara ini kambuhnya penyakit dapat dihindari.
  2. Infeksi virus akut lama : Pengobatan hendaknya dilanjutkan satu sampai dua minggu setelah gejala-gejala mereda, sesuai dengan anjuran dokter. Dengan cara ini kambuhnya penyakit dapat dihindari.
EFEK SAMPING
Efek samping yang telah diamati secara konsisten hanya berupa peningkatan sementara urine dan kadar asam urat dalam serum. Peningkatan asam urat ini dikarenakan penguraian inosin menjadi asam urat seperti yang terjadi pada metabolisme purine alamiah, inosin, pada tubuh manusia.
Efek samping yang kadang-kadang terjadi dan bersifat sementara adalah ruam kulit atau
gatal, fatigue aiau malaise dan diare. Efek samping yang jarang terjadi misalnya sakit kepala yang bersifat sementara, vertigo, gugup atau insomnia, konstipasi dan poliurea (peningkatan frekuensi urin). Frekuensi terjadinya efek samping ini tidak bermakna secara statistik dilihat dari keseluruhan data post marketing surveillance.

KONTRAINDIKASI
  • Hati-hati ketika memberikan Methisoprinol kepada pasien-pasien gout, karena obat ini sedikit meningkatkan kadar asam urat dalam serum.
  • Karena memiliki sedikit pengaruh terhadap jantung, perhatian diperlukan dalam pengobatan pasien jantung yang sedang menjalankan pengobatan dengan Digitalis.
  • Methisoprinol sebaiknya tidak digunakan pada infeksi bakteri karena tidak memiliki efek antibakteri.
  • Methisoprinol sebaiknya tidak digunakan selama empat bulan pertama kehamilan.
  • Tidak diketahui apakah Methisoprinol diekskresi pada air susu ibu.
Mengingat rasio antara dosis terapi dan dosis toksik adalah 1 : 100, Methisoprinol dapat digunakan tanpa kekhawatiran akan efek toksik. Akumulasi tidak terjadi karena Methisoprinol
cepat dieliminasi bersama dengan metabolitnya melalui urin.

INTERAKSI OBAT
Studi klinis sampai saat ini tidak memperlihatkan adanya interaksi obat dan tidak ada interaksi dengan makanan yang diketahui.

PERINGATAN DAN PERHATIAN
ISPRINOL TABLET : Produk bersifat higroskopis setelah kemasan dibuka.
Hati-hati bila diracik ; lakukan di ruang ber AC dan simpan dalam lemari es.

PENYIMPANAN
ISPRINOL TABLET
Simpan pada suhu ruangan terkontrol (dibawah 25°C).
ISPRINOL SIRUP
Simpan pada suhu kamar (dibawah 30°C).

KEMASAN
ISPRINOL TABLET
Box, 2 strip @ 4 tablet
No. Reg. : DKL04335.11510A1
ISPRINOL SIRUP
Box, botol @ 60 mL
No. Reg. : DKL0433511637A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Diproduksi oleh :
NOVELL
PHARMACEUTICAL
LABORATORIES
BOGOR-INDONESiA

0 comments:

Post a Comment

Anda bisa berpartisipasi di sini dengan mengirimkan komentar, ulasan atau pengalaman anda sebagai konsumen dari produk ini.

You can participate here to submit comments, reviews or your experience as a consumer of this product

 

Followers

Add to Technorati FavoritesTopOfBlogsobat, info, tablet,syrup, injection, ampul, cream, ointment, solution, blogarama - the blog directoryBlog Directory & Search engineMedicine Blogs - Blog Catalog Blog Directory Health Free Page Rank ToolPowered by  MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free
review http://www.obatinfo.com on alexa.com

Masukkan alamat email anda di bawah ini untuk mendapatkan informasi obat terbaru

   

ObatInfo.com hanya memberikan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat serta dari berbagai sumber. Informasi-informasi di ObatInfo.com tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter anda, bila memiliki masalah kesehatan. ObatInfo.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/ penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan disini.

ObatInfo.com | all about drugs Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts