Monday, January 25, 2010

Lasgan

LASGAN®
Lansoprazole


KOMPOSISI
Tiap kapsul LASGAN® mengandung 30 mg Lansoprazole granul bersalut enterik.

CARA KERJA OBAT
Lansoprazole adalah penghambat sekresi asam lambung yang secara spesifik menghambat (H+/K+)ATP-ase (pompa proton) di sel parietal mukosa lambung.

INDIKASI
  • Ulkus duodenum
  • Ulkus gasterbenigna
  • Refluksesofagitis
  • Sindromazollingerellison

KONTRAINDIKASI
Penderita yang diketahui hipersensitif terhadap Lansoprazole.

POSOLOGI
Ulkus duodenum
 :
LASGAN® sehari 1 kapsul, selama 4 minggu.
Ulkus gaster benigna
 :
LASGAN® sehari 1 kapsul, selama 8 minggu.
Refluks esofagitis
 :
LASGAN® sehari 1 kapsul, selama 8 minggu.
Sindroma zollinger ellison
 :
LASGAN® sehari 2 - 4 kapsul, dalam dosis terbagi
Untuk mencapai efek terapi yang optimal, LASGAN® sebaiknya diberikan pagi hari sebelum makan.
Kapsul harus ditelan utuh, tidak boleh digerus atau dikunyah
Pengobatan jangka panjang dengan Lansoprazole tidak dianjurkan pada saat ini karena pengalaman klinisnya, terbatas.
- Orang tua
 :
tidak perlu penyesuaian dosis (30 mg sehari)
- Anak-anak
 :
tidak ada pengalaman pemberian Lansoprazole pada anak-anak
Lansoprazole pada dasarnya dimetabolisme di hati.
Penelitian klinis pada penderita penyakit hati, memperlihatkan bahwa metabolisme Lansoprazole diperpanjang bila ada gangguan fungsi hati berat, tetapi tidak perlu penyesuaian dosis; dosis tidak boleh melebihi 30 mg sehari. Tidak perlu mengubah dosis pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal.

EFEK SAMPING
  • Selama penelitian klinis kadang-kadang terjadi efek samping seperti : sakit kepala, diare, nyeri abdomen, dispepsia, mual, muntah, mulut kering, sembelit, kembung, pusing, lelah, ruam kulit, urtikaria, pruritus.
  • Pada saat dilakukan uji faal fungsi hati dapat terjadi kenaikan nilai-nilai fungsi hati yang bersifat sementara dan akan normal kembali apabila pemberian obat dihentikan
  • Kadang-kadang dapat terjadi atralgia, edema perifer dan depresi tetapi tidak diketahui hubungannya dengan terapi Lansoprazole karena mekanisme kerja belum jelas.
  • Kelainan hematologi pernah dilaporkan, walaupun jarang terjadi, misal : trombositopenia, eosinofillia, leukopenia.
PERINGATAN DAN PERHATIAN
  • Pemberian Lansoprazole pada penderita tukak peptik dapat menyamarkan gejala-gejala dan memperlambat diagnosis adanya keganasan penyakit (penyakit lain pada lambung).
  • Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui:
    Karena belum ada data penggunaan Lansoprazole pada wanita hamil dan menyusui, maka pemberian Lansoprazole pada kelompok penderita ini sebaiknya dihindari.
    Percobaan pada binatang, tidak ditemui efek teratogenik. Penelitian reproduksi pada tikus dan kelinci, Lansoprazole dosis tinggi menurunkan sedikit angka kehidupan dan berat badan jenis hewan-hewan tersebut.
INTERAKSI OBAT
Lansoprazole dimetabolisme di hati merupakan penginduksi lemah terhadap sitokrom P-450. Oleh sebab itu ada kemungkinan terjadi interaksi antara obat ini dengan obat-obat yang dimetabolisme di hati, misalnya kontrasepsi oral, fenitoin, teofilin atau warfarin.
Pemberian bersama obat-obat anti inflamasi non steroid atau diazepam tidak menimbulkan efek klinis yang bermakna. Antasid dan sukralfat dapat mengurangi bioavailabilitas Lansoprazole, karena itu tidak boleh diberikan satu jam sebelum atau sesudah makan Lansoprazole.

KEMASAN
LASGAN® : Kotak berisi 2 strip @ 10 kapsul
No. Reg. DKL 0113310501 A1

Simpan di tempat sejuk (15-25°C) dan kering.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

PT. LAPI LABORATORIES
CIKANDE-INDONESIA

0 comments:

Post a Comment

Anda bisa berpartisipasi di sini dengan mengirimkan komentar, ulasan atau pengalaman anda sebagai konsumen dari produk ini.

You can participate here to submit comments, reviews or your experience as a consumer of this product

 

Followers

Add to Technorati FavoritesTopOfBlogsobat, info, tablet,syrup, injection, ampul, cream, ointment, solution, blogarama - the blog directoryBlog Directory & Search engineMedicine Blogs - Blog Catalog Blog Directory Health Free Page Rank ToolPowered by  MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free
review http://www.obatinfo.com on alexa.com

Masukkan alamat email anda di bawah ini untuk mendapatkan informasi obat terbaru

   

ObatInfo.com hanya memberikan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat serta dari berbagai sumber. Informasi-informasi di ObatInfo.com tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter anda, bila memiliki masalah kesehatan. ObatInfo.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/ penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan disini.

ObatInfo.com | all about drugs Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts