loading...

Euphyllin

12:02
EUPHYLLIN®
Retard Mite, Retard

KOMPOSISI
EUPHYLLIN® Retard Mite
Tiap tablet salut selaput EUPHYLLIN Retard Mite mengandung 125 mg teofilin anhidrat.
EUPHYLLIN® Retard
Tiap kaplet salut selaput EUPHYLLIN- Retard mengandung 250 mg teofilin anhidrat.

MEKANISME KERJA
Teofilin merupakan turunan metil xantin yang mempunyai efek antara lain merangsang susunan saraf pusat dan melemaskan otot polos, terutama bronkus.

INDIKASI
Untuk meringankan dan mengatasi serangan asma bronkial

KONTRA INDIKASI
Penderita yang hipersensitif terhadap teofilin, penderita tukak lambung atau tukak usus dua belas jari, diabetes, infark miokard, hipertensi berat, aritmia takikardia, kardiomiopati obstruktif hipertropika, hipertiroidi, epilepsi atau insufisiensi hati berat.
Seperti obat lainnya, penggunaan EUPHYLLIN® Retard pada kehamilan, terutama pada kehamilan trimester pertama dan pada wanita menyusui sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dokter. Sebaiknya tidak diberikan pada bayi dan anak-anak di bawah usia 6 tahun.

EFEK SAMPING
EUPHYLLIN® Retard kadang-kadang dihubungkan dengan efek samping yang disebabkan karena gangguan pada sistem saraf pusat seperti gelisah, eksitabilitas, tremor, gangguan tidur dan sakit kepala. Kadang-kadang dapat dijumpai peningkatan denyut jantung, denyut nadi yang tidak teratur, palpitasi; gangguan pernafasan seperti tachypnea; gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah dan diare; juga rash dan hiperglikemi. Hal ini dapat disebabkan karena penggunaan dosis yang relatif berlebihan (tergantung dari intensitas reaksi individu terhadap zat aktif obat ini) atau karena penggunaan dosis yang absolut berlebihan
(konsentrasi teofilin plasma › 20 mg/l). Efek ini dapat dikurangi dengan pengurangan dosis. Bila kadar teofilin dalam plasma › 20 mg/l, dapat timbul efek toksik seperti serangan epilepsi, aritmia ventrikular dan gangguan gastrointestinal berat.

INTERAKSI OBAT
  • Penggunaan teofilin bersamaan dengan furosemid, β-2 adrenergik atau metil xantin lainnya (seperti produk-produk yang mengandung kafein) dapat meningkatkan efek teofilin tersebut. Penggunaannya bersamaan dengan efedrin dan obat-obat yang mengandung efedrin juga dapat meningkatkan khasiat dan efek samping teofilin.
  • Pada perokok dan pemberian bersamaan dengan fenobarbital, rifampin, isoniazid, fenitoin, karbamazepin atau sulfinpirazon, bersihan teofilin dapat meningkat sehingga efeknya akan berkurang. Untuk itu diperlukan peningkatan dosis.
  • Pemberian bersamaan dengan zat-zat berikut ini dapat mengurangi bersihan teofilin : antibiotika makrolida (seperti eritromisin, troleandomisin), linkomisin, allopurinol, penghambat β, simetidin, kontrasepsi oral. Pada kasus-kasus tersebut diperlukan pengurangan dosis.
  • Bila diberikan bersamaan dengan enoxacin, dosis teofilin harus dikurangi menjadi seperempatnya. Bila digunakan bersamaan dengan inhibitor gyrase lainnya, pertimbangkan untuk mengurangi dosis teofilin yang diberikan
  • Efek garam lithium dan penghambat β dapat berkurang dengan adanya teofilin.
  • Penghambat β (seperti propranolol) mengantagonisasi efek bronkodilator dari teofilin. Karena penghambat β sendiri dapat menginduksi bronkokonstriksi, maka pemberian obat-obat ini dikontraindikasikan pada asma bronkial.
PERINGATAN DAN PERHATIAN
  • Hati-hati pada penderita hipoksemia, hipertensi atau penderita yang mempunyai riwayat tukak lambung.
  • Dapat mengiritasi saluran gastrointestinal.
  • Hati-hati pemberian pada wanita hamil, menyusui.
  • Jangan melampaui dosis yang dianjurkan dan bila dalam 1 jam gejala-gejalanya masih tetap atau bertambah buruk, hubungi Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.
  • Hati-hati pada penderita kerusakan fungsi hati, penderita di atas 55 tahun, terutama pria dan pada penderita penyakit paru-paru kronik (COPD, cor pulmonale).
DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN
EUPHYLLIN® Retard Mite
Dewasa : 2 kali sehari 2 tablet.
Anak-anak 6-12 tahun : 2 kali sehari 1 tablet, atau menurut petunjuk dokter.
EUPHYLLIN® Retard
Dewasa : 2 kali sehari 1 tablet.

Pemberian obat-obat yang mengandung teofilin atau metil xantin lain sebelumnya, perlu dipertimbangkan.
Bersihan teofilin seringkali berkurang pada penderita insufisiensi jantung, hipoksia berat, gangguan fungsi hati, pneumonia dan infeksi virus dan pada penderita usia lanjut. Karenanya penderita-penderita tersebut memerlukan pengurangan dosis dan hati-hati bila ingin dilakukan peningkatan dosis.
Para perokok seringkali memerlukan teofilin dengan dosis yang lebih besar daripada bukan perokok, karena eliminasi teofilinnya yang lebih cepat.
Peningkatan atau pengurangan dosis sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan dokter. Sebaiknya EUPHYLLIN® diberikan sesudah makan dengan sedikit air.

KEMASAN
EUPHYLLIN® Retard Mite
Dus berisi 10 strip @ 10 tablet salut selaput
No. Reg.DKL7821616717A1
EUPHYLLIN® Retard
Dus berisi 10 strip @ 10 kaplet salut selaput
No.Reg.DKL7821616717B1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Simpan di tempat sejuk (15-25°C) dan kering
Jauhkan dari jangkauan anak-anak

Diproduksi oleh :
PHAROS
JAKARTA - INDONESIA

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔