Wednesday, March 13, 2013

Dulcolax Supositoria

Dulcolax
Bisacodyl  5 mg
Bisacodyl 10 mg
SUPOSITORIA

Komposisi
1 supositoria anak mengandung 5 mg
1 supositoria dewasa mengandung 10 mg
Bisacodyl

zat tambahan:
witepsol E76, witepsol W45

Cara Kerja Obat
Bisacodyl adalah laksatif yang bekerja lokal dari kelompok turunan difenil metan. Sebagai laksatif perangsang (hidragogue antiresorptive laxative), DULCOLAX merangsang gerakan peristaltis usus besar setelah hidrolisis dalam usus besar, dan meningkatkan akumulasi air dan elektrolit dalam lumen usus besar.

Indikasi/Penggunaan
Digunakan untuk pasien yang menderita konstipasi.
Untuk persiapan prosedur diagnostik, terapi sebelum dan sesudah operasi dan dalam kondisi untuk mempercepat defekasi, DULCOLAX harus digunakan dengan pengawasan medis.

Dosis dan Cara Pemberian
Kecuali ditentukan lain oleh dokter, dosis yang dianjurkan adalah:

I.Untuk konstipasi
Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 supositoria dewasa (10 mg).
Anak-anak di bawah 12 tahun: 1 supositoria anak (5 mg).
Supositoria biasanya efektif dalam waktu 30 menit.
II. Untuk persiapan prosedur diagnostik dan sebelum operasi
Bila DULCOLAX digunakan pada pasien untuk persiapan pemeriksaan radiografik abdomen atau persiapan sebelum operasi, maka penggunaan tablet DULCOLAX harus dikombinasi dengan supositoria, agar didapat evakuasi yang sempurna dari usus.
Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 2-4 tablet pada malam sebelumnya dan 1 supositoria pada esok paginya.

Peringatan dan Perhatian
Sebagaimana halnya laksatif lainnya, DULCOLAX tidak boleh diberikan setiap hari dalam waktu yang lama. Jika pasien setiap hari membutuhkan laksatif, harus diketahui penyebab terjadinya konstipasi.

Penggunaan berlebihan dalam waktu lama dapat menyebabkan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit dan hipokalemia, dan dapat mengendapkan onset konstipasi balik.

Pusing dan/atau syncope telah dilaporkan pada pasien yang menggunakan DULCOLAX. Detail yang ada menunjukkan bahwa kejadian tersebut akan terus berlanjut dengan berkurangnya kekuatan untuk defekasi (defecation syncope), atau dengan respon vasovagal terhadap sakit perut yang dapat berhubungan dengan konstipasi yang mendesak pasien tersebut terpaksa menggunakan laksatif dan tidak perlu menggunakan DULCOLAX.
Penggunaan supositoria dapat menyebabkan sensasi rasa sakit dan iritasi lokal, khususnya pada fisura anus dan proktitis ulserativa.

Anak-anak tidak boleh menggunakan DULCOLAX tanpa petunjuk dokter.

Masa Hamil dan Menyusui
Pengalaman menunjukkan tak ada bukti efek samping yang berbahaya selama kehamilan. Namun demikian, seperti halnya obat lain, penggunaan DULCOLAX selama kehamilan harus dengan petunjuk medis.

Belum diketahui apakah Bisacodyl menembus air susu ibu atau tidak. Oleh karena itu, penggunaan DULCOLAX selama menyusui tidak direkomendasikan.

Efek Samping
Sewaktu menggunakan DULCOLAX, dapat terjadi rasa tidak enak pada perut termasuk kram dan sakit perut, dan diare.

Reaksi alergi, termasuk kasus-kasus angio-oedema dan reaksi anafilaktoid juga dilaporkan terjadi sehubungan dengan pemberian DULCOLAX.

Kontraindikasi
DULCOLAX dikontraindikasikan pada pasien ileus, obstruksi usus, yang baru mengalami pembedahan di bagian perut seperti usus buntu, penyakit radang usus akut dan dehidrasi parah.
DULCOLAX juga dikontraindikasikan pada pasien yang diketahui hipersensitif terhadap Bisacodyl atau komponen lain dalam produk.

Interaksi
Penggunaan bersamaan dengan diuretik atau adreno-kortikoid dapat meningkatkan resiko ketidakseimbangan elektrolit jika DULCOLAX diberikan dalam dosis yang berlebihan.
Ketidakseimbangan elektrolit dapat mengakibatkan peningkatan sensitivitas glikosida jantung.

Overdosis
Gejala
Bila dosis DULCOLAX terlalu tinggi, maka dapat terjadi diare, kram perut dan berkurangnya kadar Kalium serta elektrolit lainnya secara nyata.

Overdosis kronis DULCOLAX dapat menyebabkan diare kronis, sakit perut, hipokalemia, hiperaldosteronisme dan batu ginjal. Kerusakan tubulus ginjal, alkalosis metabolik dan kelelahan otot akibat hipokalemia juga terjadi pada penyalahgunaan laksatif kronis.

Terapi
Dalam waktu yang singkat setelah minum DULCOLAX, penyerapan DULCOLAX dapat dikurangi atau dicegah dengan memaksa untuk muntah atau kuras lambung. Dalam hal ini mungkin diperlukan penggantian cairan dan perbaikan keseimbangan elektrolit. Ini sangat diperlukan pada pada pasien usia lanjut dan pasien muda.
Pemberian antispasmodik mungkin ada manfaatnya.

Kemasan 
Supositoria 5 mg
Dus, 1 strip @ 6 supositoria anak
Reg. No. DTL0133701253A1
Supositoria 10 mg
Dus, 1 strip @ 5 supositoria dewasa 
Reg. No. DTL0133701253B1
Dus, 10 strip @ S supositoria dewasa 
Reg. No. DTL0133701253Bl

Simpan pada suhu 15-25°C.
Simpan di tempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

P No 5 
Awas! Obat keras 
Tidak boleh ditelan

Diproduksi oleh:
PT. Boehringer Ingelheim Indonesia 
Bogor, Indonesia.

Dengan lisensi dari:
Boehringer Ingelheim International GmbH 
Ingelheim am Rhein
Germany

0 comments:

Post a Comment

Anda bisa berpartisipasi di sini dengan mengirimkan komentar, ulasan atau pengalaman anda sebagai konsumen dari produk ini.

You can participate here to submit comments, reviews or your experience as a consumer of this product

 

Followers

Add to Technorati FavoritesTopOfBlogsobat, info, tablet,syrup, injection, ampul, cream, ointment, solution, blogarama - the blog directoryBlog Directory & Search engineMedicine Blogs - Blog Catalog Blog Directory Health Free Page Rank ToolPowered by  MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free
review http://www.obatinfo.com on alexa.com

Masukkan alamat email anda di bawah ini untuk mendapatkan informasi obat terbaru

   

ObatInfo.com hanya memberikan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat serta dari berbagai sumber. Informasi-informasi di ObatInfo.com tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter anda, bila memiliki masalah kesehatan. ObatInfo.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/ penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan disini.

ObatInfo.com | all about drugs Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts