loading...

Ferofort

12:30
FEROFORT®
Besi,Vitamin B kompleks, Seng, Lisin
kaplet salut selaput

Komposisi
Setiap kaplet salut selaput mengandung:
Ferronyl84,7mg
(ekivalen dengan elemen Besi)83mg
Asam Askorbat150mg
Asam Folat1mg
Vitamin B12 (Sianokobalamin)10mcg
Vitamin Bl (Tiamin HCl)3mg
Vitamin B2 (Riboflavin)3mg
Vitamin B6 (Piridoksin HCl)5mg
Niasin30mg
Kalsium Pantotenat15mg
ZnSO4 H2O41,2mg
(ekivalen dengan elemen Seng)15mg
Lisin HCl50mg

Farmakologi
FEROFORT® adalah preparat besi oral dosis tinggi dengan suplemen vitamin B kompleks, seng dan asam amino esensial lisin.

Besi adalah elemen yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin dan proses oksidasi jaringan. Besi terutama diabsorpsi di duodenum dan jejunum. Selanjutnya besi disimpan dalam tubuh sebagai transferin dan hemosiderin; 30% pada hati. 30% pada sumsum tulang dan sisanya terdapat dalam limpa dan otot.

Asam askorbat berperan penting dalam sintesa kolagen dan materi antar sel. Asam askorbat membantu absorpsi dari zat besi.

Suplemen vitamin B kompleks dalam jumlah kebutuhan sehari-hari berguna pada keadaan defisiensi relatif akibat meningkatnya kebutuhan, tidak cukupnya asupan, atau akibat gangguan absorpsi nutrisi.
Vitamin B kompleks diabsorbsi pada saluran pencernaan. menjalani sirkulasi enterohepatik, terutama disimpan dalam hati dan dibuang melalui urin. Vitamin tersebut juga didistribusikan dalam air susu.

Asam folat direduksi dalam tubuh menjadi tetrahidrofolat, yang merupakan koenzim dalam berbagai proses metabolik termasuk sintesa nukleotida purin dan pirimidin.

Tiamin HCl berperan penting dalam transformasi energi dan membran serta konduksi saraf.

Bentuk aktif terfosforilasi dari riboflavin penting dalam reaksi metabolik oksidatif/reduktif sebagai koenzim.

Piridoksin HCl berperan dalam metabolisme asam amino. karbohidrat dan lemak. Selain itu piridoksin dibutuhkan dalam pembentukan hemoglobin.

Sianokobalamin penting untuk fungsi normal metabolisme sel dan mempengaruhi pembentukan mielin.

Niasin berperan dalam reaksi perpindahan elektron dalam rantai pernapasan. pembentukan sel dan regulasi gen.
Seng adalah mineral yang menstimulasi aktivitas enzim. Seng diabsorpsi di saluran pencernaan dan dieksresikan terutama melalui tinja.

Lisin sebagai asam amino esensial.

Indikasi
FEROFORT® diindikasikan sebagai suplemen untuk pencegahan anemia akibat kekurangan zat besi. terutama pada wanita hamil dan menyusui.

Kontraindikasi
Senyawa besi merupakan kontraindikasi bagi penderita dengan hemokromatosis primer dan siderosis akibat transfusi.
zat besi tidak boleh diberikan pada penderita yang mendapat transfusi darah berulang-ulang, karena dapat menimbulkan kelebihan zat besi dengan kemungkinan hemokromatosis sekunder.
Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen obat.

Dosis
Dosis dewasa adalah 1 kaplet sehari, diberikan bersama makanan atau sehabis makan.

Peringatan
Anemia hemolitik tanpa kekurangan zat besi tidak boleh diobati dengan senyawa besi, karena dapat menimbulkan kelebihan zat besi. Kelebihan zat besi juga dapat terjadi pada penderita yang mendapat preparat besi oral dan suntikan sekaligus dan pada penderita dengan hemoglobinopati atau anemia refrakter lainnya yang salah didiagnosis sebagai anemia kekurangan zat besi. Pemberian jangka panjang zat besi dalam dosis tinggi harus dihindari kecuali pada penderita dengan pendarahan yang terus menerus, pendarahan haid yang berlebihan, atau kehamilan yang berulang-ulang. Asam askorbat harus diberikan dengan hati-hati pada pasien dengan hiperoksaluria. Pemberian jangka panjang suplemen seng dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kekurangan zat tembaga.
Zat besi dapat menyebabkan feses berwarna hitam, tetapi tidak berbahaya dan hilang bila pemakaian dihentikan.

Interaksi obat
Besi dapat menurunkan khasiat fluorokuinolon, levodopa, metildopa. penisilamin dan tetrasiklin. Suplemen yang mengandung kalsium dan magnesium ataupun antasida dapat menurunkan absorpsi besi, sedangkan asam askorbat dan asam sitrat dapat meningkatkan absorbsi besi.
Asam askorbat sebaiknya tidak diberikan pada bulan pertama setelah pengobatan desferioksamin dimulai karena dapat memperburuk keracunan besi.
Suplemen besi dosis tinggi dapat menurunkan absorpsi seng, sedangkan suplemen seng dapat menurunkan absorpsi tembaga, fluorokuinolon, besi, penisilamin dan tetrasiklin.

Efek samping
Pemberian preparat besi secara oral dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan, terutama rasa mual, nyeri ulu hati, diare atau konstipasi.
Asam askorbat biasanya ditoleransi dengan baik. Dosis tinggi dilaporkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, hiperoksaluria dan pembentukan batu ginjal. Efek samping garam seng yang paling sering dilaporkan adalah gangguan pencernaan.

Kemasan
Dos berisi @ 10 strip x 10 kaplet salut selaput
No. Reg. DBL9011601709A1

Simpan di bawah suhu 30°C.

PT KALBE FARMA Tbk.
Bekasi - Indonesia

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔