loading...

Cinogenta

14:41
CINOGENTA®
Krim

Komposisi:
Tiap gram krim mengandung:
Gentamicin sulfate1,67mg
Fluocinolone acetonide            0,25mg

Farmakologi:
CINOGENTA merupakan kombinasi gentamicin sulfate don fluocinolone acetonide.
Gentamicin sulfate, suatu antibiotika aminoglikosida, bersifat bakterisid. Gentamicin sulfate bekerja menghambat sintesis protein bakteri dengan cara berikatan dengan ribosom subunit 30s secara ireversibel. Pada umumnya gentamicin aktif melawan kebanyakan bakteri gram negatif dan beberapa bakteri gram positif. Secara in vitro konsentrasi gentamicin 1-8 μg/ml dapat menghambat Escherichia coli, Haemophilus influenzae, Moraxella lacunata, Neisseria, Proteus indol positif dan indol negatif, Pseudomonas (termasuk Ps. aeruginosa), Staphylococcus aureus, S.epidermidis dan Serratia, Fluocinolone acetonide, suatu kortikosteroid sintetik, yang memiliki daya antiinflamasi antipruritik dan vasokonstriksi serta antimitotik pada fibroblas kutan dan epidermis.
Kortikosteroid mengurangi inflamasi dengan cara menstabilkan membran lisosomal leukosit, mencegah pelepasan hidrolisis asam destruktif dari leukosit, menghambat akumulasi makrofag pada area terinflamasi, mengurangi adhesi leukosit terhadap endotelium kapiler, mengurangi permeabilitas dinding kapiler dan pembentukan edema, mengurangi komponen komplemen, mengantagonis aktivitas histamin dan pelepasan kinin dari substrat, mengurangi proliferasi fibroblas, deposisi kolagen dan pembentukan jaringan parut.

Farmakokinetik:
Gentamicin sultate biasanya tidak diabsorpsi pada kulit yang utuh tetapi absorpsi terjadi pada kulit yang telah kehilangan lapisan keratinnya seperti luka, luka bakar dan borok (ulkus). Absorpsi sediaan gentamicin krim lebih besar dari sediaan gentamicin salep. Absorpsi kortikosteroid topikal melalui kulit termasuk fluocinolone, ditentukan oleh banyak faktor seperti bahan pembawa, keutuhan kulit dan penggunaan perban/ pembalut/ plester.
Fluocinolone acetonide dapat diabsorpsi dari kulit normal yang masih utuh. Inflamasi dan atau penyakit lain pada kulit dapat meningkatkan absorpsi perkutan. Penggunaan perban/ pembalut/ plester dapat meningkatkan absorpsi kortikosteroid topikal secara bermakna. Setelah kortikosteroid topikal diabsorpsi melalui kulit maka farmakokinetiknya serupa dengan pemberian kortikosteroid secara sistemik.
Kortikosteroid akan terikat pada protein plasma dalam berbagai tingkatan, dimetabolisme terutama di dalam hati dan kemudian diekskresikan melalui ginjal.

Indikasi:
Inflamasi dan gatal pada corticosteroid-responsive dermatoses yang terinfeksi oleh kuman seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, neurodermatitis lokalisata, pruritus anogenital, psoriasis (khususnya pada wajah dan antara lipatan kulit), xerosis fase inflamatorik dan dermatitis kontak alergi fase lanjut atau dermatitis iritan.

Kontraindikasi:
- Hipersensitit terhadap salah satu komponen dalam CINOGENTA.
- Vaccinia, varicella, tuberkulosis kulit
- Tidak digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus.

Dosis:
Oleskan krim tipis-tipis pada daerah terinfeksi. 3-4 kali sehari atau menurut anjuran dokter.

Overdosis: Penggunaan kombinasi gentamicin dan kortikosteroid topikal dalam jumlah besar dan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebihan dari lesi oleh jamur atau bakteri yang tidak peka serta penyakit Cushing.

Efek samping:
Bersifat lokal dan frekuensinya akan meningkat jika kulit yang sakit diperban/ diplester/ dibalut. Efek samping tersebut adalah rasa terbakar, gatal, iritasi, kulit kering, folikulitis, hipersensitif, erupsi akneformis, hipopigmentasi, dermatitis perioral, dermatitis kontak alergi, maserasi, atrofi kulit.

Peringatan dan perhatian:
  • Jika terjadi iritasi, pemakaian harus dihentikan. 
  • Hati-hati pemakaian pada wanita hamil
  • Pemakaian bersama kortikosteroid lain dan pemakaian jangka panjang dapat menyebabkan atrofi kulit dan Jaringan subkutan 
  • Tidak untuk digunakan pada mata
  • Hati-hati penggunaan pada ibu yang sedang menyusui.
  • Dapat terjadi pertumbuhan yang berlebihan dari mikro-organisme yang tidak peka. Bila terjadi superinfeksi, hentikan segera penggunaan dan berikan terapi yang sesuai.
Kemasan dan nomor registrasi:
CINOGENTA, Kotak, tube @ 10 g, DKL0234600329A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

SIMPAN PADA SUHU DI BAWAH 30°C, TERLINDUNG DARI CAHAYA

Diproduksi oleh
PT FERRON PAR PHARMACEUTICALS
Cikarang-Indonesia

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔