loading...

Kenalog in Orabase

11:54
KENALOG® IN ORABASE®
TRIAMCINOLONE ACETONIDE DALAM PASTA DENTAL EMOLIEN

PEMERIAN
Basis menyerupai salep, berwarna putih kecoklatan, halus dan merata, dengan aroma karakteristik, dan bebas dari pengotor visibel dan/atau gumpalan
Dalam setiap gram Kenalog® in Orabase® mengandung 1 mg triamcinolone acetonide dalam pasta dental emolien yang mengandung gelatin (bovine), Pullulan, Sodium CMC dan Plastibase50W.

FARMAKOLOGI KLINIS
Kenalog® in Orabase® (Triamcinolone acetonide) adalah kortikosteroid sintetis yang memiliki efek antiinflamasi, antipruritus, dan antialergi. Pasta dental emolien sebagai bahan pembawa berfungsi merekatkan obat pada jaringan mukosa rongga mulut. Bahan pembawa akan menutupi jaringan yang iritasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang bersifat sementara.

INDIKASI
Kenalog® in Orabase® diindikasikan untuk pengobatan tambahan dan meringankan sementara gejala-gejala yang terkait dengan lesi inflamasi atau lesi ulseratif mukosa rongga mulut akibat trauma.

KONTRAINDIKASI
Obat ini dikontraindikasikan untuk pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap satu atau lebih komponen obat.

PERINGATAN
Penggunaan pada kehamilan
Keamanan penggunaan selama kehamilan belum diketahui terutama yang berhubungan dengan efek tak diinginkan pada perkembangan janin. Oleh karena itu obat ini seharusnya tidak digunakan pada wanita yang berpotensi hamil dan di awal kehamilan, kecuali jika menurut penilaian dokter atau dokter gigi manfaat pengobatan lebih besar dari risiko yang mungkin timbul.

PERHATIAN
Penderita tuberkulosis, tukak lambung, atau diabetes melitus tidak boleh mendapat pengobatan yang mengandung kortikosteroid tanpa adanya saran dari dokter.
Harus diingat bahwa mukosa di rongga mulut mengalami penurunan daya tahan pada pasien yang mendapatkan pengobatan dengan kortikosteroid topikal. Mikroorganisme rongga mulut dari jenis yang virulen mungkin akan berkembang tanpa menunjukkan gejala-gejala akan adanya infeksi rongga mulut.
Efek sistemik hampir tidak ada pada penggunaan sesuai dengan anjuran, karena jumlah steroid yang terlepas rendah, kemungkinan ini dapat teriadi pada penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang.
Hentikan pemakaian jika timbul iritasi lokal, atau terjadi sensitisasi dan lakukan pengobatan yang sesuai.
Jika tidak terjadi regenerasi atau perbaikan jaringan rongga mulut secara bermakna pada lesi setelah tujuh hari pemakaian, dianjurkan untuk meneliti kembali lesi rongga mulut yang diderita pasien.

EFEK SAMPING (REAKSI TIDAK DIINGINKAN)
Penggunaan yang berkepanjangan dapat menimbulkan efek samping yang biasa timbul pada penggunaan sediaan steroid sistemik seperti supresi adrenal, perubahan pada metabolisme glukosa, katabolisme protein, aktivasi tukak lambung dan lainnya.
Efek samping ini biasanya reversibel dan hilang saat pengobatan dihentikan.

KELEBIHAN DOSIS
Kortikosteroid yang diberikan secara topikal dapat diserap dalam jumlah yang cukup untuk menimbulkan efek sistemik (lihat PERHATIAN).
Pengobatan: tidak ada penawar yang tersedia, karena pengobatan bersifat simtomatik.

DOSIS DAN PEMBERIAN
Oleskan Kenalog® in Orabase® secukupnya, sekitar 0.6 cm pada lesi, hingga menghasilkan lapisan tipis. Mungkin diperlukan jumlah yang lebih banyak untuk menutup beberapa lesi. Untuk hasil optimal, gunakan secukupnya hingga terbentuk lapisan tipis yang menutupi lesi. Jangan digosokkan. Menggosokkan sediaan ini bisa membuat sediaan bergumpal dan terlepas. Setelah pemberian akan terbentuk lapisan yang halus dan licin.
Kenalog® in Orabase® sebaiknya digunakan pada malam hari agar terjadi kontak steroid dengan lesi sepanjang malam.
Bergantung pada keparahan gejala, mungkin perlu untuk mengoleskan dua hingga tiga kali sehari, sebaiknya digunakan sesudah makan. Jika tidak terjadi regenerasi jaringan atau perbaikan berarti dalam tujuh hari, dianjurkan penelitian lebih lanjut.

BENTUK SEDIAAN
Kenalog® in Orabase® tersedia dalam tube 5g. Setiap gram nya mengandung 1 mg triamcinolone acetonide.

PENYIMPANAN
Simpan di bawah suhu 30°C.
Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

UMUR SIMPAN (SHELF-LIFE)
24 bulan.
Reg. No.: DKL 1124400130A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER 

Dibuat oleh:
PT Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk.
Depok -Indonesia

Dibawah pengawasan
Taisho Pharmaceutical Co., Ltd.
Tokyo, Japan

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔